My Car Specification

Tidak terasa sudah 9 tahun, mobil ini saya miliki, sejak saya beli dari baru pada bulan November 2003. Nissan X-Trail 2500 cc AT (Automatic Transmission) ini merupakan produk CKD (Completely Knock Down), berarti telah dirakit di Indonesia. Sebelum edisi CKD, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) dan PT Indomobil pada tahun 2002 meng-import X-Trail CBU (Completely Built Up) dengan kapasitas mesin 2000 cc AT. Ternyata X-Trail CBU tersebut cukup sukses penjualannya di Indonesia, sehingga principal memandang perlu untuk memproduksinya secara lokal.

Spesifikasi X-Trail saya:

  • Engine: QR25DE, 2500cc, CVTC, DOHC, horse power: 180 ps, torsion: 250 Nm (very powerfull!)
  • Transmission: 4-speed E-AT
  • Spark plug: NGK Iridium IX LFR6AIX-11
  • Interior: Leather Seat by Pasubio Italy
  • Tyre: Michelin XM1 215/65R16, Continental Conti Comfort-1 235/60R16, GT Radial Champiro 235/60R16
  • Audio: JVC 2-DIN Casette+CD Audio, 12 CD Changer, 200 Watt Active Subwoofer by Solomon Audio
  • Security: Avital Security Alarm
  • Battery: Dry type, Delkor 80 Amp/Rocket 80A
  • Windows Films: Front: V-Kool VLK 70; Side & Rear: Huperoptik Huper Drei, didobel 3M 60%
  • ATF Oil: Nissan Matic D-Fluid
  • Engine Oil: Castrol Magnatec API SM 10w-40, Total 5W-40, Castrol Magnatec 5W-30
  • Coolant: Prestone Long-Life Coolant (orange color)/Nissan longlife coolant
  • In-cabin Microfilter: Nissan/Sakura

Demikian beberapa informasi seputar X-Trail milik saya, semoga dapat membawa manfaat bagi yang membaca blog ini.

10 thoughts on “My Car Specification

  1. Saya sebenernya lagi ngidam nih bos pengen punya x-trail. Kalo menurut anda, apakah memang si x-trail ini bener-2 bandel??? Pernah atau tidak si x-trail ini tiba-tiba ngadat nggak jelas? Terus kalo boleh tau, kira-kira kalo pengen tau x-trail yang memang masih bandel dan gak ngerepotin itu yang seperti apa? soalnya barangkali nih… mudah-mudahan…. saya pengen nyari x-trail seken, ya mungkin yang taun 2004 atau 2005-an gitu. Thx before. Please reply ya, bos…

    • X-Trail ini aseli buandel buanged… hehehe.. sudah 7,5 tahun saya pakai, belum pernah ngadat mendadak. Sudah 145.000 km nih X-Trail saya. Suatu kali check engine led-nya pernah menyala, saat saya bawa ke Jogja, tetapi mesin masih jalan dan keesokan harinya dibawa ke Bengkel Resmi Nissan di Jogja, dan diganti sensor crankshaft-nya sekitar 30 menit, beres lagi….

  2. cara kerja transmisinya gimana sich?
    apakah sama dengan CVT pada motor?
    atau hampir mirip?

    dan apakah nissan X-trail ini konsumsi bahan bakarnya juga irit?

    • cara kerja transmisinya sih saya juga kurang ngerti, tapi transmisi matic X-Trail terkenal bandel, kata bengkel2 matic lho ya… dan terbukti saya hanya lakukan kuras oli matic per 40.000 km, X-Trail saya masih sip.
      bahan bakar, dalam kota 1 : 7km, luar kota 1 : 12 km

  3. Sy pakai xtrail 2005, masalahnya engine knocking di rpm 1.000 sd 2.000, bahan bakar pakai bukan premium…. gmn caranya biar hilang engine knoncking…. kerak sudah disemprot…

    • supaya knockingnya tidak banyak terjadi, jangan suka nge-gas tanggung-tanggung. lalu ada kemungkinan lain, bahan bakarnya justru dioplos sama minyak tanah, sehingga oktannya justru lebih buruk daripada premium. saran saya, coba ganti dulu dengan premium, apakah masih ngelitik parah atau tidak. pengalaman saya, saya isi premium tidak ngelitik kok. solusi lain, ganti businya dengan yg iridium. info tambahan: selama ngelitiknya tidak parah, sebetulnya settingan mesin sudah optimal.

  4. saya baru beli xtrail 2,5 st (2005). apakah transmisi maticnya sudah CVT ? Mobil kalau dipakai pada kecepatan 40 ke atas ada suara seperti raungan mesin. mohon sharing pengalamannya. terima kasih.

    • belum CVT, masih E-AT dengan 4 percepatan. untuk suara ‘aneh’ tersebut, coba check kondisi ban dan bearing roda-roda.

  5. sy pake nissan x-trail th 2005 matic
    klo masuk ke D (drive) terasa hentakan cukup keras meskipun rem injak full. Getaran sangat terasa dlm cabin dalam posisi D posisi rem full. engine mounting semua baru. perpindahan gigi masih lumayan halus. mhn ifi hetakan keras dan getaran tsb apa masalahnya? tks

    • kemungkinan masalah di transmisi matic-nya. coba oli matic-nya dikuras dulu di bengkel resmi, diganti dengan oli matic ATF Nissan D.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s