Poles Body Mobil


Perawatan body mobil bisa dibagi menjadi 2 bagian, yaitu
– saat mobil baru
– saat muncul baret2 halus melingkar

Mobil baru.
Apakah perlu diberi pelindung cat yg harganya di atas 1jt Rupiah? Kalau menurut hemat saya, tidak perlu. Saran saya setiap cuci mobil, gunakan shampo yg ber-wax. Misalnya Wash & Wax yg warna oranye. Jika banyak waktu, bisa ditambahkan paste wax atau liquid wax, setelah cuci mobil. Khusus untuk mobil warna putih, gunakan wax yg ada anti-UV nya. Anti UV menjaga agar warna putih cat tetap terjaga (tidak berubah menjadi kekuningan (jawa: mangkak)). Produk yg sudah saya coba dan bagus adalah produk2 Meguiar. Turtle Wax juga bagus, setingkat di bawah Meguiar. Belakangan muncul produk baru dengan bahan yg lebih baik ketimbang wax, yaitu Polimer. Cuma harganya cukup mahal. Dengan polimer, maka debu dan air sulit menempel di bodimobil.

Mobil dg baret2 halus.
Biasanya kalau teknik mencuci dan mengeringkan mobil tidak tepat, maka akan mudah muncul baret2 halus melingkar. Nah, yang menjadi masalah, makin hari baret2 melingkar akan semakin banyak. Kira2 3 tahun, sudah saatnya merawat cat, supaya mobil kinclong lagi. Beberapa ‘obat’ yang harus disiapkan:
– rubbing compound/cleaner
– polishing compound
– wax
urutan pengerjaan seperti diatas ya… untuk rubbing kompon, sebaiknya hanya dioleskan di tempat2 seperlunya saja, jangan keseluruh body. Hanya di tempat dengan baret agak dalam atau teroksidsi/kusam parah, karena rubbing kompon bersifat mengikis cat. Setelah itu lakukan polishing, polishing juga mengikis sedikit cat. Lakukan polishing ke seluruh body. Setelah itu barulah lakukan waxing, seperti biasa. Setelah itu perlakukan seperti merawat mobil baru.
Waxing tidak mengikis cat sama sekali, malah memberi lapisan semacam lilin pada cat.

Demikian sekilas info agar mobil selalu kinclong tanpa banyak mengikis cat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s