Shock Absorber


Akhirnya shock absorber depan X-Trail saya mengalami sedikit bocor. Sementara shock belakang, menurut montir bengkel Nissan yang memeriksa, masih lumayan baik. Ciri-ciri shock absorber (shockbreaker) bermasalah adalah mobil terasa berayun-ayun kecil saat melewati jalan tidak rata, lalu pada saat di tikungan, body roll lebih terasa besar. Jadi suspensi kurang cepat meredam atau menahan guncangan mobil.

Setelah googling sana-sini, ternyata usia shock absorber X-Trail lumayan awet juga, shock depan diganti di sekitar 125.000 km atau setelah bertugas 6,5 tahun. Lumayan awet juga ya. Selama ini dipakai untuk rute dalam kota Bandung/Jakarta, tol Padalarang-Cileunyi, tol Cikampek-Padalarang, tol Cikampek-Jakarta, tol Dalam Kota Jakarta, tol JORR, Pantura Jateng.

Kalau tidak salah shock orisinal Nissan buatan Tokico/Showa, jenisnya adalah Oil double-action. Harga di bengkel resmi: Rp. 686.500 (front per unit) dan Rp. 755.000 (rear per unit). Bisa beli satuan, kalau mau beli satu set (2 bh, kiri dan kanan) ya dikali dua saja harganya. Ongkos pasangnya kalau tidak salah Rp. 75.000 per suspensi, silahkan check ke bengkel resmi Nissan.

Shock alternatif, bisa menggunakan merk Kayaba yang dijual oleh jaringan waralaba Shop and Drive. Tipe shock absorber Kayaba Excel-G 33XXXX untuk Nissan X-Trail adalah KYIA-334360 & 334361 (front) s/d 334362 & 334363 (rear) = 792.000/pcs (Kayaba Import). Jenisnya adalah Gas & Oil (Double Action; bekerja pd saat Rebound (memanjang) dan pd saat Compression (memendek) ). Biaya pemasangan di ShopandDrive adalah Rp. 93.500 (per bagian, jika depan belakang menjadi Rp.187.000)

Kinerja Kayaba Import tipe Excel G ini lebih baik & stabil jika di bandingkan jenis Oli (empuk) dan lebih empuk di bandingkan jenis Gas, jadi tengah-tengah gitu…

Jika dibandingkan dengan genuine X-Trail, maka Kayaba agak firm (keras). Jika mau bantingan lembut dan nyaman, seperti X-Trail baru, saran saya pakai saja yang genuine. Toh sudah terbukti awet juga kan?

Oh ya, sebaiknya saat mengganti shock, jangan lupa check juga karet-karet di seputaran suspensi, misalnya Insulator Shock Absorber (buat dudukan per), Selang PU buat melapisi per. Selain itu check juga karet Bushing Stabilizer, karet Boot Shaft, Bearing roda, Connecting Rod (con rod), Long Tie Rod serta Tie Rod End. Lho… lho… kenapa kok jadi banyak ya? Supaya sekalian bongkar suspensinya, mengingat ongkos kerja yang lumayan mahal untuk bongkar suspensi.

Demikian info tentang shockbreaker X-Trail dari saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s