Radiator Fan


Sekitar bulan April 2009, radiator fan yang sebelah kiri tewas. Check harga ke Nissan, ternyata cukup mahal dan harus mengganti semuanya. Untuk diketahui, radiator fan X-Trail ada 2 buah, kiri dan kanan. Kebetulan yang kiri bisa di-servis di tukang dinamo, seandainya yang kanan yg tewas, maka harus ganti semuanya.

Proses mencopot fan sangat mudah. Setelah dibongkar di tukang dinamo, ternyata carbon brush-nya sudah aus dan perlu diganti. Itu saja. Jangan terkecoh dengan tawaran tukang dinamo untuk menggulung ulang dinamo fan atau mengganti dinamo fan dengan tipe lain.

Percayalah mengganti carbon brush-nya sangat mudah dan murah! Total jenderal hanya habis Rp.70.000,- saja untuk penggantian sepasang carbon brush. Bayangkan kalau semua musti diganti, kalau tidak salah bisa mencapai satu juta rupiah di bengkel resmi.

Tetapi kekuatan carbon brush asli Nissan dan punya tukang dinamo berbeda jauh… hehehe… Yang asli Nissan bisa bertahan 5 tahun (100.000 km), sementara satunya cuma kuat 6 bulan (10.000 km) saja! Tidak masalah juga mengingat harga dan kemudahan mengganti komponen tersebut. Wajib lapor tiap 6 bulan terpaksa harus dilakoni demi menjaga suhu mesin agar tetap dingin. Sekalian nunggu dinamo fan yang sebelah kanan jebol, yang mana un-serviceable. Barulah ganti semua-nya dengan parts orisinil Nissan terasa rela.

Oh ya, hebatnya Nissan X-Trail, sekalipun satu fan-nya tewas, tetapi dipakai dalam kota dan luar kota serta di kecepatan tinggi, mesinnya tidak mengalami over-heating sama-sekali… memang X-Trail oke banget!

29 thoughts on “Radiator Fan

    • thanks bro Taufik, sudah mampir ke blog saya… betul, sekarang sudah ada bengkel yang sanggup me-repair fan AC yg kanan. Sekarang juga sudah ada produk motor fan X-Trail yang KW1, harganya sekitar Rp. 200.000,- saya sudah ganti fan kiri dengan produk KW1 tersebut, setelah akhirnya motor fan kiri saya un-serviceable (sudah tipis kumparannya). Lumayan juga so far so good, bergaransi 1 tahun.

      • Mohon dapat diinformasikan toko motor fan yg jual kw1 seharga 200rb dimana ya?
        Tetapi yg saya dengar, kemungkinan itu 2nd bukan baru…
        CP dan nomornya kalo berkenan
        Kebetulan motor fan lagi mati😦

  1. Salam kenal juga. Saya senang membaca blog anda, sangat informatif. Kalo boleh tau, dimana bisa beli motor fan X-Trail KW 1 tersebut?
    Salam

    • Saya mendapatkannya di Hero Motor, jalan Kalipah Apo, Bandung. Bengkel yang bersangkutan adalah bengkel AC. Kerjaannya rapi dan harganya sangat terjangkau.
      Jika AC X-Trail mulai bermasalah, bisa dibawa ke bengkel tsb, cuma harus datang pagi2 karena antreannya cukup panjang. Dia juga sedia compressor, ekspansion valve, selang fleksibel, evaporator, semuanya KW1… hehehe…

    • kanan dan kiri sama-sama untuk mendinginkan radiator AC dan mesin. tepat sekali, keduanya kadang mati dan kadang hidup. saat AC dinyalakan, otomatis hidup, atau saat mesin mencapai panas tertentu, thermostat akan men-trigger kedua fan tersebut.

  2. thanks pak share nya,
    soalnya kadang ngeri ke bengkel resmi, kena cekik2, upahnya kadang ga masuk akal, kalo spare part ok lah krn warranty,
    kemaren di bilangi motor fan lemah, gantinya 2,2jt, cek gmana kalo lemah ? anginnya ga kuat ? krn ruang mesin lebih panas dari boil lainnya, tp indicator masih di tengah,

  3. Pengalaman saya, yang kiri mati, dibawa ke bengkel dinamo, sekalian serivs (ganti carbon) yang kanan, dah mak nyoos lagi dengan biaya 300 ribu….

  4. tks om Taufik share nya
    ini kiri dan kanan posisi di liat dari kursi supir ? atau berdiri depan mobil ?
    kipas xtrail saya dari kursi pengemudi yg kipas kiri OK kalau ac diidupin dia idup, dimatiin dia mati, yg kanan gak idup, tp kadang idup, ini berarti otomatis om ya sesuai kondisi panas mesin ?
    sekalian tanya, carbon brush = coal ?

  5. Om Iyan
    Awalnya yang sebelah kiri dari kursi pengemudi, atau yang motornya besar yang mati, waktu di repair sekalian yang kanan dari posisi pengemudi atau yang motornya kecil di repair juga.
    Seharusnya yang kiri juga otomatis mati dan nyala nya sesuai dengan penjelasan Om Owner
    BEtul carbon brush = coal

    Salam

  6. thanks om Taufik,
    oh ya om, itu indicator panasnya terlihat overheat gak ya om waktu kipasnya mati? misalnya lebih dari setengah ?

    • beberapa pertanda kalau salah satu fan mulai bermasalah (mati)
      1. AC mendadak terasa panas
      2. indikator suhu mesin, naik diatas setengah, terutama saat bermacet-macet ria
      3. suara fan yang satunya bertambah keras.

  7. blog ini informatif sekali….terimakasih ya….sy juga mengalami hal yg sama yakni fan yg kiri tewas, di beres nisan harganya sekitar 2,3 jt….mungkin sy mau coba ke tukang dinamo dulu ya….hebatnya walau cm pake satu fan saja kemarin mudik jakarta jogja pp ga pernah panas mesinnya….mantab deh xtrail emang

  8. Saya Mengalami engine hidup tapi pada saat pedal gas di-injak RPM mesin ngak mau naik dan mobil jalan sangat pelan ,,padahal engine hidup tapi rpm hanya 800rpm,,,mohon dibnati

  9. Xtrail sy tipe St tahun 2005, km 94.000. Temperatur mesin naik jadi 1/2, sy langsung berhenti buka kap mesin ada bunyi mendesis di radiator dan ternyata kepala radiator pecah, kebetulan ada bengkel radiator yg dekat dan akhirnya krn darurat kepala radiator diganti dg kepala radiator yg memakai bahan logam (kuningan ?), alhamdulillah temperatur normal lagi. langsung sy bawa ke bengkel resmi nissan sunter, lalu dicek dan akhirnya diganti termostat dan valve water nya tetapi bengkel nissan menyarakankan radiator ke ganti krn kepala radiator yg berbahan logam akan menimbulkan korosi, harga di bengkel resmi 2,85 jt blm termasuk Ppn ………. akhirnya sy cari sendiri di luar dpt harga radiator original (merk calsonic) 2,2 jt dan yg imitasi (non merk, ktnya buatan taiwan) 1,1 jt akhirnya sy beli yg imitasi tp krn ragu blm sy pasang. Bgm pendapat rekan2 ? mohon share bagi yg pernah menggunakan radiator imitasi atau mengganti kepala radiator dgn yg berbahan logam, apakah berbahaya ? thanks.

    • saran saya, baiknya ambil yg aseli Nissan saja, karena komponen radiator sangat vital bagi kendaraan. Sedikit lebih mahal tak apalah daripada mogok di pinggir jalan. Buat komponen2 vital, sebaiknya selalu gunakan barang orisinil Nissan (radiator, rem, kaki2, mesin), untuk yg non-vital (lampu, aksesoris eksterior/interior) silahkan pakai barang kw.

  10. Rekomendasi buat yang mau service ac mobil di Hero Motor Jl,Kalipah Apo No.14 Bandung Telpon: 022-4233851 dijamin memuaskan, karena harga sparepart original wajar dan harga jasa yang wajar, terus pengerjaannya rapih dan diawasi juga oleh owner-nya , saya sudah coba dan hasilnya sampai sekarang ac-nya maknyuss…… thks Hero Motor sukses selalu…

  11. Pak mau tanya, posisi kiri dan kanan dr sisi kemudi / kap mesin ?
    Kebetulan fan ku jg mati sebelah.

    Thanks info nya.

  12. thanks bro xtrail2003, dari info2 bro…. kmarin saya ganti motor fan yg kiri dari kemudi abis 875k, next mau service ac kmarin dah dicek expantion nya dah rusak katanya….. pending karena masih ada 3 mobil di dalam

    • Betul, jika AC kadang dingin kadang tidak, biasanya karena expansion valve yg mulai rusak. Jangan lansung mau disuruh bengkel utk ganti compressor atau evaporator. XTrail saya sudah 175000 km dan baru sekali ganti expansion valve.

  13. mau tanya nih om, fan radiator saya yg sebelah kiri juga mati. kira kira lokasi bengkel tempat servis yg bagus dan murah di jakarta di daerah mana yah om. soalnya blm bisa bawa ke BeRes nih, makasih om sebelumnya.

    • yang pernah saya datangi adalah mamat radiator dan dinamo, lokasinya di jl otista, persis sebelah BRI seberang GOR jakarta timur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s