Accu Delkor


Saya ingin sharing pengalaman mengganti Accu, yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

Fakta:

1. X-Trail saat pagi hari tiba-tiba tidak mau di-start.

2. Satu-dua hari sebelumnya mobil tersebut tidak dipakai sama sekali.

3. Umur aki kira-kira sudah 2,5 tahun = umur kendaraan…

4. Klakson bersuara keras, lampu semuanya nyala tanpa ada masalah.

5. Saat coba distarter, berbunyi tek..tek..tek..tek.., mesin sama sekali tidak bergoyang.

6. Saat kunci kontak di ‘On’ terdengar suara dengung elektronik di sekitar mesin, selama kunci di ‘On’ dengungan terdengar konstan.

7. Semua Indikator yang ada di panel menyala normal (Airbag, Oli, Mesin, dll)

Ayo, coba ditebak solusinya apa?

Solusi:

1. Kontak ke bengkel Nissan, menurut orang bagian service, itu adalah gejala aki drop (tidak bisa menyimpan muatan). Beliau menawarkan teknisi datang ke rumah, tapi saya pikir kalo sekedar copot aki bisa sendiri saja.

2. OK, saya coba saja lepas akinya dan dibawa ke penjual aki langganan.

3. Di test ternyata aki tersebut rusak 1 sel-nya. Percuma di-charge, musti ganti aki.

4. Akhirnya ganti aki deh. Jadinya ambil aki MF (Maintenance Free)/kering merk Delkor tipe 80D26L (NX110-5LMF) 75 Amp , kapasitasnya lebih gede daripada bawaan standar X-Trail yang ‘cuma’ 60 Amp (merk GS tipe 55D23L). Oh ya, menurut penjual aki tsb, aki buat X-Trail letak (+) dan (-)-nya lain dengan Toyota Kijang, jadi hati2 kalau mau beli aki, mesti diperhatikan konfigurasi (+)(-) nya.

5. Sampai rumah, langsung dipasang akinya, dudukannya ternyata pas banget dengan dudukan standar. Oh ya, alternatif lain yang masuk ke dudukan standar adalah aki tipe basah merk G-Force yang 80 Amp.

6. Setelah terpasang, coba di-start lagi dan….. Ternyata mesin langsung start!

Terimakasih kepada Bengkel Nissan yang telah memberikan solusi melalui telepon, yang ternyata tok cer.

Sekedar info tambahan, jika X-Trail mau dibawa jalan-jalan ke luar kota selama beberapa hari, ada baiknya kita melakukan check aki dengan voltmeter/multimeter.

Terakhir kali saya test aki GS-nya pakai multimeter digital, punya voltase 12.6 Volt, kira2 dua bulan yang lalu. Waktu rusak di test oleh toko kira2 11 volt (pake multimeter analog). Kesimpulannya 1 cell-nya rusak.

1 Cell = 2,1 Volt
Harusnya total 6 cell, 6 x 2,1 = 12,6 V
Rusak 1, tinggal 5 cell, 5 x 2,1 = 10,5 V —> kurang lebih cocok dengan hasil test.

Kesimpulan lain tentang aki,
1. Aki lebih awet kalo mobil dipakai setiap hari. (umur aki bisa > 2 tahun)
2. Air aki tidak boleh kurang dari batas MIN. (lebih dari batas MAX tidak apa-apa asal tidak tumpah)
3. Beberapa kali cell aki yang rusak/paling cepat habis airnya adalah cell yang paling tepi. Jadi prioritas pengecekan adalah cell paling tepi.
4. Bentuk/Form aki yang sedikit menggembung jika dilihat dari samping, menandakan mulainya tanda-tanda kerusakan.
5. Klakson yang masih keras atau lampu yang masih terang tidak menjadi jaminan kalo aki tidak bermasalah.
Referensi:

1. Info produk 80D26L http://www.delkor.com/foreign/eng/specification/spec-1.html

2. Tips2 tentang Aki http://www.delkor.com/language/eng/battery/usertip1.asp

3. Ganti & Check Aki http://www.gs.astra.co.id/isi_service_eng.htm

Long Term Update (Juli 2010):

– Delkor tersebut berumur 2,5 tahun juga. Jadi kekuatannya hampir sama dengan aki GS bawaan X-Trail.

– Desember 2008, ganti aki Delkor lagi. Diganti karena sudah ada tanda-tanda sulit di-start, atau harus agak lama starter-nya. Daripada mogok di jalan dan mengingat umur sudah 2,5 th, mending langsung meluncur ke toko aki. Melihat ketahanan aki tersebut, diperkirakan ganti aki lagi pada bulan Mei 2011.

Long term update 2 (Mei 2012)
– Wow ternyata prediksi saya meleset, Delkor bertahan sampai bulan Mei 2012, itupun terpaksa saya ganti mengingat umur yg sudah mencapai 3,5 tahun! saya khawatir kalau tiba2 tewas ditengah jalan. Ketahanan aki kering Delkor ini luar biasa, mungkin kebetulan dapat barang bagus ya… Sayangnya pas ganti kebetulan stock aki Delkornya sedang kosong, maka digantilah dengan aki kering merk Rocket. Sama2 produk Korea.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s