Iridium Spark Plug


Busi standar bawaan Nissan adalah NGK V-Groove LFR5A-11, harganya sekitar Rp. 20.000 per busi. Masa pemakaian sesuai rekomendasi bengkel resmi adalah 20.000 km. Saya pakai busi standar ini sampai dengan kira-kira 40.000 km, so far karena selalu rutin servis ke bengkel resmi dan mengikuti saran dari Nissan, semuanya baik-baik saja.

Setelah itu, saya beralih ke busi NGK Iridium IX dengan tipe LFR6AIX-11. Busi tersebut bersifat ‘lebih dingin’ ketimbang busi standard X-Trail. Maksudnya?

Busi “lebih dingin” mempunyai sifat melepas panas yg ada pada busi secara cepat. Gampangnya: mudah melepas panas dan lebih tahan panas. Sehingga busi dingin lebih cocok dipakai untuk mobil balap, mobil yg sering ngebut atau mobil yang jalan non-stop berjam-jam keluar kota. Kondisi mesin yang sangat panas harus diimbangi dengan busi yang cepat melepas panas, supaya businya tidak meleleh/rusak.

Busi “lebih panas” bersifat lambat melepas panas. Artinya busi tersebut cepat menjadi panas, karena panas tidak dilepaskan ke body mesin. Busi panas cocok untuk kendaraan yang sering menempuh jarak pendek dan sering berhenti, misalnya city driving, atau rpm mesin sering bermain di rpm rendah. Sebagai gambaran jika salah memilih busi, misalnya busi panas dipakai untuk balapan, maka busi tersebut bisa meleleh/pecah, karena lambat menyalurkan panas di busi tersebut ke body mesin.

Dari kode angka dan busi standard, maka kita bisa mengetahui apakah busi itu masuk kategori ‘dingin’ atau ‘panas’.
Contoh di XTrail,

  • Standar NGK LFR5A-11
  • Jika suka ngebut dengan rpm tinggi/jarak jauh luar kota, maka sebaiknya diganti ‘busi dingin’ maka pakai LFR6A-11
  • Sebaliknya jika jarak tempuh pendek-pendek saja, dominan city driving, gunakan ‘busi panas’ LFR4A-11. (tapi nampaknya tipe busi ini jarang dijumpai)

Kalau ingin jarang mengganti busi (interval service lebih panjang), maka pakai tipe Platinum, ada kode huruf ‘P’
Contoh: – PLFR5A-11 (busi ini merupakan busi standard Nissan Livina, dan bisa dipakai juga di X-Trail)

Jika ingin pengapian besar dan awet, maka pakai tipe Iridium-Platinum, ada kode P didepan dan IX di belakang
Contoh: – PLFR6AIX-11

Biasanya busi iridium, memiliki ujung/tip yang menyerupai jarum (lebih kecil). Ujung yang kecil ini justru mampu memperbesar pengapian, sehingga pembakaran dapat lebih sempurna (semua BBM habis terbakar, tidak ada residu dalam ruang pembakaran).

Pengalaman saya setelah mengganti busi dengan tipe Iridium tersebut:

  • tarikan terasa lebih baik
  • konsumsi bbm sedikit lebih irit
  • kondisi ujung busi lebih bersih
  • masa pakai busi lebih lama (sekarang sudah 45.000 km dan masih baik)
  • menggunakan bensin premium tt tidak ngelitik

Long Term Update (2010)

– Busi Iridium tersebut bertahan sampai sekitar 60.000 km. Akhirnya harus diganti juga karena salah satu busi mengalami retak pada keramiknya.

– Busi alternatif, bisa dipakai NGK Platinum untuk New X-Trail. Menurut Nissan, busi tersebut mampu bertahan sampai 100.000 km.

– jadwal ganti busi X-Trail saya adalah saat odometer menunjuk angka 165.ooo km

2 thoughts on “Iridium Spark Plug

    • biasanya karena setelan ECU yang tidak tepat. saran saya coba di-reset ECU-nya dengan Nissan Consult II di bengkel resmi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s