Tyre Replacements


Ban standard X-Trail: Dunlop Grandtrek ST20 215/65R16

Setelah kira-kira 50.000 km, sudah mulai menipis, saya ganti menjadi Bridgestone Dueler HT 684 215/65R16

Di km 65.000, dengan alasan suara yang berdengung dan berisik, serta bantingan yang terlalu keras, maka saya ganti menjadi Michelin XM1 215/65R16. Dan inilah ban ternyaman yang pernah bekerja untuk X-Trail saya.

Long Term Update (Juli 2010)

– Dengan treadwear 320, ternyata ban ini sangat awet, saat ini odometer sudah menunjukkan 125.000 km (pemakaian 60.000km), namun alur masih sedikit diatas TWI (treadwear indicator). FYI, jika TWI sudah tersentuh, artinya kedalaman alur tinggal 1.6mm saja. Beberapa pabrik ban mengkampanyekan kedalaman minimum yang aman adalah 3 mm. Ban baru umumnya memiliki kedalaman alur 8 mm.

– Ada beberapa kekurangan Michelin XM1 di kondisinya yang sekarang: karet ban tidak seempuk saat masih baru, kondisi tapak ban sedikit bocel-bocel (mungkin karena kompon yg lunak), alur sudah mulai tipis, sehingga mulai terasa aquaplanning yg tinggi saat melibas genangan air di jalan tol.

– Alternatif upgrade ukuran ban adalah 235/60R16 ada beberapa merk: GT Radial Champiro HPX dengan spek treadwear 340 traction AA temperature A. Merk lain Continental Conti Comfort-1 atau Michelin Primacy LC atau Michelin Latitude Tour HP (SUV) atau Bridgestone Dueler (SUV). Saya lebih tertarik ke passanger tyre daripada SUV tyre, karena lebih nyaman dan tidak berisik.

– Ban Dunlop ST20 produksi tahun 2003, bawaan asli X-Trail, akhirnya mengalami kerusakan benjol di jalur pantura, maklum, jalanan pantura rusak dan banyak lubang ditambah usia ban yang telah mencapai 7 tahun! Aslinya ban ini dijadikan ban serep, namun karena satu ban Michelin XM1 terkena paku dari samping, maka terpaksa Dunlop-nya turun gunung lagi.

12 thoughts on “Tyre Replacements

  1. Apakah sampe sekarang XM1 baik-baik saja? (Mengingat peruntukannya MPV)
    Sekarang Pake type apa pak?
    Saya lihat XM2 sudah keluar…

    Pak minta saran, saya berencana ganti ban X-trail, prioritas saya jangan bising, keamanan lalu harga

    • XM1 saya sudah diganti semuanya, saat kembangan mulai tipis, ternyata terasa berisiknya.. hehe.. terutama kalau lewat jalan beton, seperti ada suara berdesing gitu. Sekarang saya pakai GT Radial Champiro 235/60/16 kembangan masih tebal, belum terasa berisiknya. Yang pasti karena telapak lebih lebar, kestabilan oke banget, diajak lari 140 km/jam masih terasa anteng, beda dengan ban standar 215/65/16. Nerabas genangan air di jalan tol juga mantab. Konsumsi BBM tidak banyak berbeda, alias sebelas-duabelas.

  2. GT Radial Champiro type HPX ya pak?
    Harganya berapa?
    kalau kita upgrade ke 235/65/16, 2buah, lalu 2buah lagi masih 215/65/16
    Apakah ada masalah?
    Ban 235/65/16 enaknya ditaruh di depan atau belakang?
    Terima Kasih atas recomendnya, saya berencana Upgrade juga….

    • Yup, GTRadial Champiro HPX, Harganya sudah agak lupa euy… hehehe.. mungkin sekitar Rp.800.000-an ya? Bisa saja ukuran berbeda, asal sepasang, kiri-kanan harus sama. Sebaiknya ban yg lebih lebar (235/60/16) ditaruh di belakang.

      • Saya pakai xtrail 2011 dan ingin mengganti ban 215 65 16 dengan dueler 235 tinggi 65? 16.

        Apakah saya masih bisa menggunakan velg bawaan? Atau harus ganti velg ?

        Kalo saya ganti velg 18 ban apa yg cocok untuk lebar 235 tgi 50 ato 55?

      • coba bro, check saja spek ban tersebut, apakah masuk di rim 6,5 milik standardnya XTrail, karena tiap ban bisa beda. Tapi secara garis besar, nampaknya ukuran 235/65R16 masih masuk kok.

  3. saya br punya x-trail 2005.. ban sudah mau habis.. tp pake ring 17 boss.. kira2 ukuran sama merk apa ya yg nyaman..? pemakaian di tol.. kadang ke luar kota.. thanks..

Tinggalkan Balasan

