Pilih Oli Encer atau Kental?


Mitos yang sekarang adalah, gunakan oli mesin yg kental (20w-50) untuk mesin lawas, dan gunakan yg encer (5w-40, 10w-40) untuk mesin baru. Apa betul begitu? Bagaimana dengan X-Trail lawas? Apakah musti pakai oli yang kental? Menurut hemat saya, ternyata mesin QR25DE termasuk mesin modern dan mitos diatas tidak berlaku bagi X-Trail hehehe…

Dulu saya juga sempat khawatir, apakah dengan oli 5w-40 bakal terjadi kebocoran dari mesin lawas saya? Ternyata tidak. Apakah oli encer cepat menguap? Ternyata tidak juga. Saya kurang tahu apakah di mobil merk lain terjadi hal seperti ini? Yang pasti di X-Trail T30, QR25DE milik saya, baik-baik saja tuh.

Sebagai informasi, saat ini km mesin sudah mencapai 150.000 km, dengan usia hampir 8 tahun, dipakai operasional sehari-hari, bensin kebanyakan diisi premium (kadang-kadang saja isi pertamax/shell, kalo lagi ada rejeki lebih hihihii…), saya gunakan oli encer 5W-40 sudah sekitar 2 tahun belakangan ini, baik-baik saja tuh, malahan BBM menjadi lebih irit, tarikan juga menjadi lebih enteng. Sueerrr…

Tabloid otomotif pun sudah pernah melakukan tes irit BBM, dan terbukti oli encer bisa menghemat sampai 5% BBM mobil Anda. Memang salah satu kendala oli encer adalah harganya lebih mahal ketimbang oli kental. Tetapi ada trik jitu supaya beli oli encernya nggak mahal-mahal amat. Caranya:

1. Tunggu dan jeli melihat promosi oli dari pabrikan. Misalnya: “promo beli 3 liter, gratis 1 liter”, “diskon 50% dengan kartu kredit bank xxx”, atau sambangi toko khusus oli dan tanyakan ke penjualnya, “sedang ada promo oli apa nih?” Sekalipun belum waktunya ganti oli, stock aja duluan hehehe…, nanti pas waktunya ganti oli tinggal dibawa lagi ke toko tersebut. Pada umumnya mereka ok saja.

2. Beli olinya dari bengkel resmi, bisa Nissan, bisa juga bengkel resmi lain, contohnya saya pernah beli oli TGMO 5W-30 di beres Toyota, pas lagi ada promo mudik, didiskon sampai 40%, harganya jadi sekitar Rp. 300.000-an saja/4 liter.

Lalu apakah, gonta-ganti merk oli tidak merusak mesin? Ternyata tidak juga. X-Trail saya sudah menjadi bukti gonta-ganti merk oli dan baik-baik saja tuh. Saya tulis saja ya, merk oli apa saja yang pernah nge-kost di mesin saya, yang masih keinget hehehe… Mobil1, Indomobil, Fastron, Shell, Castrol, Total Quartz, Repsol, TGMO, Nissan GMO, Idemitsu, semuanya juga dengan kekentalan yang berbeda-beda. Asal jangan lupa prinsipnya saja yaitu, setiap ganti merk/kekentalan oli, ganti juga oli filter-nya. Inga..inga… ya…

Ok, singkat cerita, pakailah oli encer untuk X-Trail Anda karena:

1. jangka pakainya sanggup menembus 10.000 km atau 6 bulan

2. bisa menghemat BBM sampai 5%

3. tarikan mesin jadi lebih enteng. mobil lebih terasa meluncur.

Demikian sharing info dari saya, semoga bisa membantu!

2 pemikiran pada “Pilih Oli Encer atau Kental?

  1. Boss,

    Dari sekian merek oli yang pernah dipake, yang mana yang paling enak? Dari tulisan sebelumnya semua seimbang, sama-2 punya kekurangan dan kelebihan.

    Salam

  2. Paling enak, Total Quartz 5W-40, terasa bahwa suara mesin lebih senyap, sampai 10.000 km masih terasa licin, penguapan juga paling minim. sekarang saya lagi coba TGMO 5W-40, terasa biasa saja, suara mesin lebih keras (dibandingkan Total). Total yg 10W-40 juga enak. Kayaknya merk Total diberi additive yang bagus. Castrol Edge yg 5W-40 juga enak bro…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s